BAB 1
PENDAHULUAN
1.2 Nama dan Alamat
Perusahaan
Nama usaha yang akan dirintis adalah “Tahulicious”, usaha ini bergerak dibidang makanan ringan yang bahan dasarnya adalah tahu. Lokasi penjualannya beralamat di Jl. Cimande Hilir No. 23 Kec. Caringin, Kab. Bogor di depan TK Qaulan Sadida.
Nama usaha yang akan dirintis adalah “Tahulicious”, usaha ini bergerak dibidang makanan ringan yang bahan dasarnya adalah tahu. Lokasi penjualannya beralamat di Jl. Cimande Hilir No. 23 Kec. Caringin, Kab. Bogor di depan TK Qaulan Sadida.
1.2 Nama dan Alamat Penanggung Jawab
Nama : Putri Rahayu
Alamat : Jl. Cimande Hilir No. 23 Kec. Caringin, Kab. Bogor.
Nama : Putri Rahayu
Alamat : Jl. Cimande Hilir No. 23 Kec. Caringin, Kab. Bogor.
1.3 Informasi
Tentang Bisnis Yang Dilaksanakan
Seiring dengan perkembangan zaman dan lingkungan, masyarakat mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli sesuatu. Salah satu hal yang harus masyarakat perhatikan dan teliti dalam memilih adalah ketika masyarakat membeli makanan. Namun kebanyakan masyarakat cenderung membeli makanan yang berpedoman pada rasanya yang enak, tampilannya yang menarik dan harganya yang murah saja, apalagi anak-anak yang biasanya tidak banyak berpikir ketika mereka hendak membeli jajanan. Karena hal tersebut, masyarakat tidak lagi mementingkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkadung dalam makanan yang dikonsumsi. Usaha yang saya dirikan merupakan salah satu usaha makanan yang tetap mengutamakan rasa dan memperhatikan kesehatan para konsumennya.
Seiring dengan perkembangan zaman dan lingkungan, masyarakat mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli sesuatu. Salah satu hal yang harus masyarakat perhatikan dan teliti dalam memilih adalah ketika masyarakat membeli makanan. Namun kebanyakan masyarakat cenderung membeli makanan yang berpedoman pada rasanya yang enak, tampilannya yang menarik dan harganya yang murah saja, apalagi anak-anak yang biasanya tidak banyak berpikir ketika mereka hendak membeli jajanan. Karena hal tersebut, masyarakat tidak lagi mementingkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkadung dalam makanan yang dikonsumsi. Usaha yang saya dirikan merupakan salah satu usaha makanan yang tetap mengutamakan rasa dan memperhatikan kesehatan para konsumennya.
BAB 2
URAIAN TENTANG ASPEK USAHA
2.1 Uraian Umum
Usaha
Tahulicious adalah usaha yang akan saya rintis, beralamat di Jl. Cimande Hilir No. 23 Kec. Caringin, Kab. Bogor, tepatya di depan TK Qaulan Sadida. Lahan usahanya memanfaatkan beranda rumah saya yang cukup luas, yang lokasinya berhadapan dengan sebuah TK. Sebelum memulai usaha tersebut saya telah memperhitungkan secara matang. Saya terinspirasi dari para pengusaha tahu yang telah sukses dalam pemasaran produknya, misalnya adalah tahu sumedang atau tahu gejrot yang telah mempunyai nama yang baik di mata masyarakat.
Tahulicious adalah usaha yang akan saya rintis, beralamat di Jl. Cimande Hilir No. 23 Kec. Caringin, Kab. Bogor, tepatya di depan TK Qaulan Sadida. Lahan usahanya memanfaatkan beranda rumah saya yang cukup luas, yang lokasinya berhadapan dengan sebuah TK. Sebelum memulai usaha tersebut saya telah memperhitungkan secara matang. Saya terinspirasi dari para pengusaha tahu yang telah sukses dalam pemasaran produknya, misalnya adalah tahu sumedang atau tahu gejrot yang telah mempunyai nama yang baik di mata masyarakat.
Saya yakin usaha
yang akan dirintis akan berkembang dan maju untuk kedepannya seperti para
pengusaha tahu lainnya, karena saya jamin produknya tidak kalah saing dengan
produk makanan lain. Walaupun tahu bukan hal yang asing lagi di masyarakat,
tapi saya memiliki inovasi yang berbeda dengan tahu pada umumnya. Dengan rasa
yang tidak membosankan dilidah masyarakat yang cenderung mulai bosan dengan
makanan khas Indonesia, saya hadir untuk memberikan sesuatu yang berbeda dan
istimewa. Tahulicious merupakan salah satu makanan ringan yang berbahan dasar
tahu yang akan saya kembangkan di daerah Bogor. Makanan ringan ini sangat
renyah dan enak untuk dijadikan santapan saat sedang santai.
2.2 Latar Belakang
Dengan melihat
perkembangan zaman pada masa ini, banyak masyarakat yang berniat atau tertarik
untuk membuka usaha kecil. Disini saya akan memperkenalkan usaha kecil saya
yang bergerak dibidang pangan, yang bernama “Tahulicious”. Usaha saya ini
berawal dari ide-ide dan saran keluarga yang bernotabene menyukai kuliner.
Disamping itu, usaha saya juga menjanjikan karena menjual makanan, di mana
makanan itu di minati oleh semua kalangan.
2.3 Tujuan Usaha
Tujuan saya membukan usaha ini, diantaranya:
1.
Memenuhi kebutuhan masyarakat.
2.
Memberikan warna lain dan memberikan inovasi baru di
bidang kuliner.
3.
Mencoba peruntungan di bidang kuliner.
4.
Menambah pengalaman dibidang usaha kecil khususnya
usaha kuliner.
BAB 3
ANALISIS USAHA
3.1 Target dan Situasi Persaingan
3.1.1 Target Konsumen
Usaha yang akan
saya dirikan merupakan usaha yang menjual produk yang dapat dinikmati oleh
berbagai kalangan. Adapun target konsumen dari usaha saya dilihat dari segi
lokasi, yaitu para pelajar, warga sekitar, wisatawan, dan lain sebagainya.
3.1.2 Situasi Persaingan
Di lingkungan
tempat saya usaha, terdapat banyak pedagang lain yang membuka usaha di bidang
kuliner mulai dari rumah makan sampai pedagang makanan kecil seperti usaha yang
saya geluti. Jadi, banyaknya pedagang tersebut menambah persaingan di lingkungan
usaha saya
3.2 Rencana Usaha
3.2.1 Strategi Usaha
Saya memanfaatkan
peluang usaha yang ada dengan menganalisis hal-hal yang berkaitan dengan usaha
saya secara baik dan terkonsep. Dengan memperhatikan SWOT atau kekuatan (strenght),
kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat)
usaha. Di awal usaha, saya berusaha memperkenalkan produk secara langsung
kepada masyarakat, baik lisan maupun tulisan (promo di sosial media).
3.2.2 Penetapan Harga Jual
Harga jual “Tahulicious” ditetapkan dengan menghitung
harga pokok produk ditambah biaya yang dikeluarkan untuk tahu yang sudah siap
saji. Harga satu porsi “Tahulicious” ditetapkan dengan harga Rp. 8000,-.
3.2.3 Periklanan dan Promosi
Dalam
memperkenalkan produk, selain secara langsung, saya juga memanfaatkan akun
sosial media yang saya miliki seperti facebook, twitter, instagram, dan lain-lain,
serta memperkenalkannya secara langsung kepada para keluarga dan kerabat.
3.3 Anggaran Usaha
Modal awal yang
saya miliki sebesar Rp. 2.000.000,- yang dihasilkan dari uang tabungan. Untuk
kebutuhan modal awal saya rincikan sebagai berikut:
Pengeluaran :
A. Bahan Baku
1.
Tahu
Rp 300.000
2.
Biaya bumbu (pedas,manis,jagung bakar,barbeque,pizza)
Rp 80.000
3.
Minyak goreng
Rp 100.000
4.
Kemasan (mini box & plastik)
Rp
70.000
5.
Bahan bakar
Rp
60.000
6.
Bumbu penyedap
Rp
30.000 +
Total Rp. 640.000
B. Harga Jual
Direncanakan
“Tahulicious” akan dijual seharga Rp. 8.000,-/porsi. jika penjualan ditargetkan
sebanyak 100 porsi/ hari maka diharapkan total penjualan sebagai berikut :
100 X Rp. 8.000 =
Rp. 800.000,-/hari
C. Harga Pokok Produksi
Ditargetkan “Tahulicious”akan dijual 100 porsi/hari.
Total pembelian untuk 100 porsi/ hari adalah Rp
640.000
D. Perkiraan Laba Kotor/Hari @100 Porsi
Harga jual Rp 800.000
Harga pokok produksi Rp 640.000 –
Laba kotor Rp 160.000
E. Perkiraan Pendapatan Per-Bulan @100 Porsi
Harga jual
Rp 800.000 X
30 hari = Rp 24.000.000,
Harga pokok
produksi
Rp 640.000 X 30 hari = Rp 19.200.000 –
Laba kotor
Rp 4.800.000
F. Laporan Rugi Laba
Pendapatan
Rp 4.800.000
Biaya operasi :
§
Biaya perlengkapan
Rp. 300.000
§
Biaya promosi
Rp. 100.000
§
Biaya transportasi
Rp. 50.000
§
Biaya peralatan
Rp. 500.000
Total biaya
Rp 950.000 –
Laba bersih
Rp 3.850.000
G. Neraca Tahulicious
Aktiva
Aktiva Lancar
Kas Rp 1.000.000
Perlengkapan Rp
500.000
+
Total aktiva lancar Rp 1.500.000
Aktiva tetap
Peralatan Rp
700.000
Total aktiva tetap Rp
700.000 +
Total aktiva Rp 2.200.000
Liabilitas & Ekuitas
Liabilitas
Liabilitas Lancar
Utang usaha Rp 200.000
Total liabilitas lancar Rp 200.000
Ekuitas
Modal usaha Rp 2.000.000
Total ekuitas Rp 2.000.000 +
Total liabilitas & ekuitas Rp 2.200.000
BAB 4
ASPEK RESIKO
4.1 Masalah-Masalah yang Potensial
Masalah yang
mungkin saya hadapi pada usaha ini yaitu kurangnya minat konsumen akan produk
yang dihasilkan, karena terdapat penjual produk-produk semacam usaha saya.
Adanya penjual-penjual tersebut termasuk ke dalam masalah dalam mengembangkan
usaha kecil yang saya miliki. Selain itu, pengalaman yang minim dalam
berwirausaha membuat saya harus belajar dari kesuksesan dan kegagalan wirausaha
lain.
4.2 Resiko dan Hambatan
Dalam membuka usaha
kecil kita harus siap menerima resiko dan hambatan yang mungkin terjadi. Resiko
tersebut dapat berupa terbatasnya waktu luang yang saya miliki, dan harus siap
menghadapi jatuh bangun dalam mengelola usaha kecil ini. Selain itu, kerugian
antara modal dan pendapatan pada saat produksi. Sedangkan hambatan yang mungkin
terjadi pada saat membuka usaha terdapat pada modal yang terbatas dan pesaing
yang menjual produk semacam usaha saya.
4.3 Tindakan Alternatif
Adanya resiko dan
hambatan pada usaha saya mengharuskan saya untuk segera mengambil tindakan.
Tindakan-tindakan untuk mengatasi hal tersebut harus dilakukan secara efektif.
Banyaknya pesaing dan kekhawatiran akan minat konsumen yang berkurang membuat
saya untuk selalu memunculkan inovasi atau membuat produk yang lebih baik,
selain itu melakukan beberapa perubahan namun tidak menghilangkan cita rasa
yang khas dari produk saya.
BAB V
PENUTUP
5.1 Simpulan
Dalam mendirikan
usaha kecil, seorang wirausaha harus mempunyai jiwa kewirausahaan. Selain itu,
harus mempunyai tekad dan komitmen yang kuat untuk menjalani usaha yang akan
dijalankan. Kita harus bisa membaca kondisi pasar sehingga kita dapat
meminimalisir resiko yang mungkin terjadi. Usaha yang telah saya pilih
merupakan pilihan terbaik dari beberapa usaha kecil yang telah saya
pertimbangkan sebelumnya, karena usaha ini cukup menjanjikan bagi pengusaha
kecil yang baru terjun ke dunia wirausaha.
5.2 Saran
Dengan kondisi
ekonomi saat ini, diharapkan banyak bermunculan wirausaha muda yang kreatif
yang dapat mengembangkan perekonomian negara. Untuk menjadi seorang wirausaha
yang sukses dibutuhkan adanya keseriusan dalam membangun dan mengembangkan
usaha yang digeluti meskipun berawal dari usaha yang kecil. Dan bagi para
wirausaha yang bergerak di bidang kuliner, diharapkan bisa memberikan produk
yang memuaskan masyarakat dengan selalu memperhatikan kebersihan dan
kesehatannya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar