Jumat, 12 Juni 2015

manfaat Jeruk nipis

Apa sih itu jeruk nipis ? apa sih manfaat dari jeruk nipis ? seperti yang kita semua tahu jeruk nipis itu adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3-6 cm, memiliki rasa asam dan agak pahit. Jeruk nipis, yang sering dinamakan secara salah kaprah sebagai jeruk limau, dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan, seperti soto dll.
Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dibandingkan jenis jeruk lainnya. Selain digunakan untuk penyedap makanan, jeruk nipis bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut ini adalah manfaat dari jeruk nipis :

1. Mengatasi masalah pencernaan

Kandungan vitamin C dan juga mineral dalam jeruk nipis sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Jeruk nipis dapat mengatasi gangguan masalah pada pencernaan, misalnya saja sulit buang air besar ataupun masalah pencernaan lainnya. Selain itu, jeruk nipis dapat meredakan masalah gangguan pencernaan dengan cara meminum air jeruk nipis rutin setiap harinya.


2. Mengatasi maag

Jeruk nipis yang bersifat asam ternyata bisa mengatasi maag. Asam pada jeruk nipis bersifat basa sehingga bisa menyeimbangkan asam lambung. Untuk mengatasi maag, Anda perlu mengkonsumsi air jeruk nipis secara rutin setiap hari minimal dua kali sehari.

3. Mengatasi masalah tenggorokan
Manfaat lainnya dari jeruk nipis yaitu dapat mengatasi masalah tenggorokan. Jeruk nipis sangat ampuh untuk meredakan radang tenggorokan dan mengatasi masalah pada mulut, misalnya saja sariawan, bau mulut, dan juga gusi berdarah atau bengkak. Jeruk nipis dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh.

4. Mencegah kanker
Kandungan vitamin C dan juga antioksidan yang tinggi pada jeruk nipis dapat mencegah timbulnya kanker pada tubuh. Setiap harinya Anda beresiko terkena kanker, entah itu kanker kulit ataupun kanker lainnya. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis, Anda bisa menghilangkan radikal bebas pada tubuh dan mencegah kanker.

5. Membantu program diet
Jeruk nipis juga sangat baik untuk membantu program diet. dapat membantu menghancurkan lemak dalam tubuh dan dalam darah. Lemak yang menumpuk pada tabuh bisa dihancurkan dengan jeruk nipis. Jeruk nipis sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang melakukan diet. Anda bisa menjadikan jeruk nipis ini sebagai minuman pendamping makan siang dan juga makan malam.



Selain ke 5 manfaat diatas, masih banyak sekali manfaat bagi tubuh. Air jeruk nipis sangatlah baik untuk dikonsumsi setiap harinya. Namun perlu diingat, meminum jeruk nipis jangan terlalu panas karena dapat mengurangi kandungan vitamin C pada jeruk nipis. Sebaiknya minum jeruk nipis yang dingin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar